Penting : NICU Dan Peralatan Yang Ada Di Dalamnya

Banyak rumah sakit yang telah mengklaim memiliki NICU, namun sebenarnya belum memenuhi standar. Angka kematian dan kejadian neonatal di negara berkembang masih sangat tinggi hingga saat ini.

Walaupun begitu, unit dan layanan kesehatan masih belum bisa berbuat banyak. Hal itu dikarenakan upaya yang telah dilakukan masih terhalang oleh banyak kendala, seperti belum tersedianya infrastruktur, perlatan yang memadai dan minimnya tenaga medis berlatar belakang pendidikan khusus Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Ruang NICU

Penanganan pasien neonatal pada dasarnya tidak bisa disamakan atau disatukan dengan pasien yang memiliki keluhan atau penyakit lain. Untuk neonatal, pasien harus mendapatkan penanganan dan perlakuan khusus, karena resiko kematiannya sangat tinggi. Penanganan neonatal harus dilakukan dalam ruang perawatan khusus yang terdiri dari 3 level, berdasarkan derajat kesakitan, resiko masalah dan kebutuhan pengawasannya.

  • Level pertama. Untuk bayi resiko rendah atau bayi normal, dengan istilah rawatgabung (perawatan ibu dan anak)
  • Level kedua. Untuk bayi resiko tinggi tetapi pengawasan belum perlu intensif. Pada level ini, bayi diawasi selama 24 jam tetapi perbandingan perawat dan bayi tidak perlu 1:1, tidak seperti pada level tiga yang pengawasannya ekstra ketat. Satu petugas hanya diperbolehkan mengawasi satu pasien selama 24 jam penuh.
  • Level ketiga. Perawatan intensif harus dilakukan secara khusus oleh seorang perawat secara terus meneru selama 24 jam. Hal ini bertujuan agar kita bis merawat bayi resiko tinggi dengan baik dan benar sehingga bayi itu diusahakan tidak meninggal dunia. Setelah dirawat, pasien harus sembuh total dan diharapkan tanpa cacat.

Selain pengawasan dari dokter dan perawat secara intensif, dukungan peralatan juga sangat membantu kesembuhan bayi. Karena perubahan klinis pasien neonatal sangat cepat sehingga membutuhkan peralatan bantuan melalui monitor, mesin dan alat penunjang lainnya yang bisa dibilang cukup mahal.

Berbagai alat canggih juga tersedia di dalam ruang NICU, seperti :

  1. Digunakan untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang tepat untuk bayi yang baru lahir khususnya bayi prematur atau bayi sakit.
  2. Infant warmer. Berfungsi untuk menstabilkan dan mengontrol suhu tubuh bayi terutama bayi baru lahir
  3. Infusion pump. Digunakan untuk memberikan cairan infus atau obat-obatan secara akurat dan kontinu / berlanjut sesuai dengan yang dibutuhkan.
  4. Syringe pump. Digunakan untuk memberikan cairan infus dan obat-obatan dengan aman, ketepatan yang akurat dan kontinu sesuai dengan yang dibutuhkan
  5. Berbagai macam alat monitor seperti monitor jantung dan pulse oximeter, untuk memantau denyut jantung dan pernafasan bayi serta kadar oksigen dalam darah bayi secara terus menerus
  6. Alat bantu perafasan C-PAP (continous positive airway pressure), digunakan untuk bayi prematur yang mengalami masalah pernafasan karena paru-parunya tidak mampu mengembang dengan sempurna
  7. Ventilator multifungsi. Digunakan untuk merawat bayi dengan gangguan pernafasan berat

Informasi untuk anda yang kebetulan membutuhkan alat – alat medis untuk kebutuhan Ruang NICU rumah sakit anda, atau dalam proses pengadaan ruang NICU, anda bisa kunjungi tempat jual inkubator bayi dan peralatan lain termurah Resmi dengan alamat situs www.pusatinkubatorbayi.com. Sekian informasi yang bisa kami informasikan kepada anda, semoga bermanfaat !