Pengertian Makanan Khas Daerah Dan Masakan Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan mempunyai keanekaragaman di berbagai bidang, salah satunya adalah makanan khas daerah. Pada awalnya kita hanya dapat menemukan makanan-makanan khas daerah di tempat asalnya saja.

Namun, seiring berkembangnya zaman, kini kita dapat menemukan makanan khas daerah di berbagai macam tempat, tidak hanya di daerah asalnya saja. Contohnya, pempek dan tekwan adalah makanan khas Palembang, kita dapat menemukan penjual pempek dan tekwan di berbagai daerah, bahkan di manca negara.

Masakan Dan Makanan Khas Daerah

Masakan Dan Makanan Khas Daerah

Pengertian Makanan Khas Daerah

Makanan khas daerah adalah makanan yang biasa di konsumsi di suatu daerah. Karakter masakan di suatu daerah umumya mencerminkan karakter masyarakatnya. Daerah pegunungan menghasilkan masakan dari sayurmayur karena iklim pegunungan yang dingin, umumnya masakannya serba panas atau pedas, untuk menghangatkan badan. Penduduk di daerah pesisir sering berhubungan dengan orang asing atau daerah lain sehingga melahirkan banyak masakan campuran yang ikut memperkaya produk makanan khas daerah.

Kumpulan Makanan Khas Daerah

Indonesia tidak hanya mempesona dengan wisata alam dan baharinya saja, melainkan juga menawarkan pesona dari kelezatan kuliner khas nusantaranya. Berikut ini ada 34 kuliner khas Indonesia sekaligus provinsi asalnya.

Mie Aceh

Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sangat terkenal dengan berbagai kuliner khas terbaik yang bahkan telah mendunia. Saat berkunjung ke Aceh, belum lengkap rasanya jika kamu tidak bisa mencicipi menu dengan bahan mie kuning tebal plus irisan daging yang disajikan dalam sup kari gurih dan pedas yang satu ini.

Bika Ambon Sumatera Utara

Jika Aceh mendunia dengan mienya, berbeda lagi dengan Sumatera Utara yang sangat populer dengan bika ambon. Yaitu sejenis kue dengan rasa yang sangat lezat. Bika ambon juga di jual dengan beberapa varian rasa terbaik, seperti keju hingga durian.

Rendang Sumatera Barat

Sumatera Barat memang sudah berhasil mencuri mata dunia dengan bumbu khas masakan padangnya. Salah satunya tentu saja rendang yang terbuat dari berbagai jenis rempah dengan citarasa yang sangat kuat dan juga nikmat.

Gulai Ikan Patin Jambi

Selanjutnya ada makanan khas daerah Jambi, dengan nama gulai iakan patin. Masakan yang satu ini populer di tengah masyarakat Jambi dan sekitarnya. Dengan menggunakan daging buah durian yang sudah difermentasi, gulai ikan akan dimasak hingga matang dengan rasa yang dijamin bikin ketagihan.

Pendap Bengkulu

Bengkulu hadir dengan berbagai kuliner terbaik yang sulit diabaikan, salah satunya ialah pendap yang terbuat dari ikan yang dibumbui beragam bumbu dan rempah pilihan dengan cita rasa yang sangat nikmat. Pastikan kamu mencicipi pendap saat berkunjung ke Bengkulu.

Gulai Belacan Riau

Riau hadir dengan menu gulai belacannya yang terbuat dari campuran belacan plus kuah gurih yang sangat lezat. Akan semakin nikmat dengan tambahan ikan atau udang sebagai menu pelengkap gulai belacan.

Otak-Otak Kepulauan Riau

Otak-otak merupakan kuliner khas Kepulauan Riau yang sangat mudah ditemukan di Batam, Pulau Penyengat hingga Tanjung Pinang. kamu bisa mencicipi otak-otak cumi maupun ikan dengan citarasa yang sama-sama juara.

Pempek Sumatera Selatan

Pempek merupakan kuliner khas Sumatera Selatan yang terbuat dari olahan sagu dan ikan plus tambahan kuah coklat yang di namai cukpo. Cita rasanya dijamin gak akan menggugah selera kamu.

Mie Bangka Belitung

Berpindah ke Bangka Belitung kamu akan di manjakan dengan kuliner terbaik dari olahan mienya. yaitu terbuat dari mie kuning basah yang disiram dengan kuah berbumbu dari olahan ikan, cumi,udang, kepiting dan beragam bumbu lainya. Dijamin kamu akan ketagihan saat mencoba menu yang satu ini.

Seruit Lampung

Seruit merupakan kuliner khas daerah Lampung yang terbuat dari olahan ikan goreng atau ikan bakar dengan campuran sambel terasi, mangga hingga olahan durian. Di jamin rasanya akan bikin nagih kamu.

Sate Bandeng Banten

Banten juga menghadirkan kuliner terbaik khasnya yang bernama sate bandeng dengan daging empuk yang tak bertulang yang di tambah santan dan gula coklat. Pastikan kamu mencicipinya saat berkunjung ke Banten ya.

Kerak Telor Jakarta

Ibukota Indonesia juga tidak mau ketinggalan dengan kuliner khasnya yang bernama kerak telor, yaitu menu masakan yang terbuat dari beras ketan putih, ebi, telur ayam yang kemudian di sangrai. Akan semakin lezat lagi dengan tambahan beberapa bumbu rahasia lainnya.

Serabi Jawa Barat

Serabi khas Jawa Barat terbuat dari tepung beras yang di siram kuah cair manis dengan citarasa nikmat yang di jamin menggugah selera semua lidah yang mencicipinya.

Lumpia Jawa Tengah

Lumpia merupakan kuliner khas Jawa Tengah yang terbuat dari rebung, daging udang dan telur yang di bungkus kemudian di goreng. Dijamin kamu akan ketagihan dengan rasanya.

Nasi Gudeg D.I Yogyakarta

Nasi gudeg khas Yogyakarta terbuat dari olahan nangka muda dan santan. Kuliner dengan tambahan nasi, ayam kampung, telur dan lainnya ini akan membius lidah kamu dengan citarasanya yang teramat manis dan lezat.

Rujak Cingur Jawa Timur

Rujak cingur khas Jawa Timur pasti semua orang sudah mengetahui hal ini. Jangan pernah melewatkan menu terbaik ini saat kamu mengunjungi daerah Jatim ya.

Ayam Betutu Bali

Makanan ini menjadi kuliner khas Bali yang terbuat dari ayam utuh yang berisikan bumbu terbaik yang selanjutnya akan di panggal dalam api sekam, di jamin kamu akan ketagihan.

Ayam Taliwang NTB

Makanan ayam talibang sangat mudah di jumpai di Lombok dengan citarasa juara kamu akan dibuat jatuh cinta dengan menu berbahan dasar ayam ini.

Catemak Jagung NTT

NTT juga hadir dengan kuliner catemak agung dengan bahan labu lilin plus kacang hijau plus jagung yang di masak dengan bumbu terbaik khas NTT dan akan mengacaukan lidah Anda.

Bubur Pedas Sambas Kalimantan Barat

Bubur pedas sambas merupakan menu yang terbuat dari bubur dengan campuran sayur. Menariknya, kuliner ini dibuat tanpa menggunakan bahan cabai sedikitpun. Tertarik?

Soto Banjar Kalimantan Selatan

Soto banjar adalah menu yang terbuat dari bahan utama ayam dan berbagai rempah terbaik dengan aroma memikat. Daging ayam yang disuwir akan semakin nikmat lagi dengan tambahan soto dan perkedel.

Juhu Singkah Kalimantan Tengah

Terbuat dari umbut rotan dengan ikan betok yang membuat menu ini laris dicintai masyarakat Kalteng. Penasaran dengan rasanya? Pastikan kamu mencicipinya saat berkunjung ke Kalteng.

Kepiting Soka Kalimantan Utara

Kepiting soka menjadi salah satu kuliner terbaik khas Kalimantan Utara yang wajib kamu coba saat mengunjungi kota ini. Dijamin, rasanya akan bikin nagih.

Ayam Cincane Kalimatan Timur

Ayam cincane ialah sejenis masakan berisikan ayam kampung bersama bumbu terbaik berwarna kemerahan dengan cita rasa yang sangat memikat. Kuliner ini bahkan bisa dijumpai di seluruh pegelaran pesta di Kaltim.

Sup Konro Sulawesi Selatan

Sup konro terbuat dari iga sapi plus siraman kuah berwarna coklat kehitaman. Akan semakin nikmat lagi jika dikonsumsi dengan tambahan potongan ketupat.

Sup Ikan Jantung Pisang Sulawesi Tengah

Sesuai namanya, menu ini terbuat dari olahan ikan dengan jantung pisang dengan rasa asam pedas yang sangat segar.

Lapa-Lapa Sulawesi Tenggara

Lapa-lapa menjadi kuliner khas didaerah ini dengan rasa yang sangat gurih dan nikmat, terlebih dengan tambahan ikan asin.

Binte Biluhuta Gorontalo

Makanan ini terbuar dari jagung, kelapa dan jagung yang semakin nikmat dengan tambahan belimbing sayur, daun bawang, jeruk nipis, jagung bawang dan berbagai bahan lainnya.

Ikan Asar Maluku

Menu masakan ini terbuat dari ikan tongkol yang di asap atau di panggang, di jamin deh rasanya akan membuat ketagihan.

Gohu Maluku Utara

Gohu ikan khas Ternate terbuat dari ikan tuna mentah dan sangat cocok untuk kamu yang menyukai sejenis masakan mentah.

Ikan Bakar Papua Barat

Ikan bakar Papua Barat terbuat dari tambahan bumbu siraman sehingga akan membuat citarasanya menggoyahkan pertahanan lidah Anda.

Papeda Papua Timur

Papeda merupakan sejenis bubur sagu yang terlihat nikmat dengan tambahan kuah kuning dengan ikan tongkol atau mubara yang di bumbui kunyit, citarasanya tidak ada yang dapat menyanggah.

Bagea Papua Tengah

Bagea atau kue sagu menjadi kuliner khas daerah Papua Tengah dengan bahan dasar tepung sagu. Kamu wajib mencoba menu terbaik ini saat mengunjungi Papua Tengah sebagai salah satu makanan khas daerah.

Tinutuan Sulawesi Utara

Tinutuan merupakan sejenis bubur khas Manado yang wajib kamu cicipi karena menghadirkan citarasa menakjubkan yang sulit diabaikan.

Jenis Kuliner Yang Perlu Kamu Coba

Keberagaman budaya yang ada di Indonesia membuat makanan yang di hasilkan pun semakin banyak dan unik dari masing-masing daerah. Gak cuma kok, namun soal rasa kuliner Indonesia juga gak usah di tanya, jaminan enak hampir pasti dan bakal bikin kamu ketagihan.

Tapi  susah gak sih buat cari restoran yang jual kuliner Indonesia dengan rasa yang enak dan khas? Nah, sekarang kamu gak bakal susah kok buat cari lagi karena kita bakal kasih rekomendasinya berikut ini :

Omah buntut

Restoran yang terletak di Bekasi Selatan ini punya banyak menu khas nusantara, mulai dari Sop buntut, Sop iga, hingga rawon semua ada direstoran ini. Dengan rasa yang di jamin enak, serta harga yang terjangkau di tambah dengan suasana restoran yang Jawa banget di jamin kamu bakal betah berlama–lama disini.

Papoea

Buat kamu yang pengen cobain makanan khas Papua sekarang gak perlu jauh–jauh cukup dateng aja ke restoran ini. Menyediakan berbagai makanan khas Indonesia Timur, terutapa Papua seperti papeda dan kuah kuning, dijamin ini bisa jadi pengalaman kuliner yang baru buat kamu. Disini juga ada kopi Papua yang pokoknya wajib banget deh buat kamu coba.

Boen Kitchen

Makanan Indonesia tapi dibikin ala café? kenapa enggak. Dengan nuansa yang sangat modern tapi tetap mengutamakan rasa, restoran ini dapat bikin kamu ketagihan loh. Soal rasa tentunya gak perlu diragukan lagi karena dijamin enak dan khas banget rasanya. Penasaran? Buruan cobain sekarang.

Bebek Omahan

Restoran yang ada di daerah Jakarta Barat ini sih jagonya sama bebek. Buat kamu yang emang menjadikan bebek sebagai makanan favorit, siap-siap buat mencoba aneka olahan bebek yang terasa begitu pas saat ditemani dengan sambal ijo. Sebagai penutup, sop durian rasanya gak bisa ditolak saat kamu makan disini.

Jadi tunggu apalagi, buruan datang ke restoran–restoran di atas buat cobain makanan–makanan khas Indonesia yang dapat bikin kamu makin cinta sama Indonesia.

Masakan Tradisional Indonesia Yang Mendunia

Indonesia mempunyai ragam budaya yang terkenal hingga ke luar negeri. Namun tidak hanya ragam budaya nya saja, Indonesia juga sudah di akui dalam kelezatan soal makanan tradisional nya.

Indonesia mempunyai makanan tradisional yang khas setiap kota nya, makanan lezat tersebut tidak hanya disukai oleh orang Indonesia saja, tetapi orang dari mancanegara juga banyak yang menyukai masakan khas Indonesia tersebut. Berikut ini beberapa makanan tradisional Indonesia yang kelezatan nya di akui sampai ke mancanegara.

Gado-Gado

Gado-gado terkenal dengan sebutan saladnya orang Indonesia. Makanan yang berasal dari Jawa ini ialah sayuran yang sudah di rebus dan dicampur menjadi satu layaknya salad. Namun, yang membedakan gado-gado dengan salad ialah bumbunya yang terbuat dari bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Penyajiannya yang unik dan rasanya yang lezat akan lebih komplit jika di tambahkan emping goreng atau kerupuk.

Tempe

 

Rasanya ada yang kurang jika kamu tinggal di Indonesia tetapi tidak pernah mengonsumsi tempe. Padahal, menurut sejarawan bernama Ong Hok Ham, tempe di temukan secara tidak sengaja dalam bentuk sejenis jamur putih pada residu pembuatan tahu. Namun, fakta tersebut sepertinya tidak menurunkan selera masyarakat Indonesia terhadap panganan satu ini. Tempe bahkan telah berhasil menarik perhatian seorang chef internasional.

Soto

Tak hanya terkenal karena rasanya yang lezat, Soto juga mempunyai tampilan yang indah. Makanan khas Indonesia ini paling nikmat jika di makan pada waktu musim hujan. Perpaduan udara yang dingin dan kuahnya yang panas adalah perpaduan yang sangat pas bagi kita.

Tidak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga sudah ada di sebuah festival makanan di jepang. Rupanya makanan soto ayam sudah menjadi langganan di acara ini. acara ini sendiri di selenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ- Komsat Ibaraki. Terbukti dalam acara besar seperti ini soto ayam bisa menjadi makanan yang di terima dengan baik oleh masyarakat jepang.

Sate

Beriktunya adalah sate ayam, makanan yang di bakar ini merupakan makanan yang di sukai oleh masyarakat Indonesia terkenal dengan sate khas Madura, ternyata sate ayam mampu menghipnotis masyarakat luar negeri.

Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 lalu menjadi bukti sate ayam digemari oleh halayak. Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia saja. Namun yang menjadi sebuah kebanggan adalah sate ayam terjual habis disantap masyarakat setempat.

Rendang

Siapa yang tidak kenal dengan makanan pedas yang terbuat dari daging ini? Ya, rendang merupakan kuliner khas Padang yang sangat populer sampai mancanegara. Rasa khas bumbu dan rempahnya sangat unik, tak heran para turis manca pun selalu ketagihan untuk mencicipi menu makanan tradisional Indonesia yang mendunia ini. Rendang bahkan sudah menjadi salah satu menu favorit di beberapa restoran Eropa.

Nasi Goreng

Mungkin beberapa Negara lain juga mempunyai menu nasi goreng khas daerahnya sendiri. Namun, nasi goreng Indonesia tetap mempunyai ciri khas berbeda yang membuatnya sangat terkenal di Negara lain. Bahkan saat presiden Barack Obama mengunjungi Indonesia, beliau  sangat terpukau dengan menu kuliner yang satu ini. Ini adalah bukti bahwa nasi goreng merupakan makanan tradisional Indonesia yang mendunia. Tak hanya Amerika, ternyata di beberapa ajang festival kuliner Tiongkok, menu yang satu ini menjadi salah satu sajian yang sangat digemari.

Demikianlah pengertian makanan khas daerah dan masakan indonesia. semoga menambah wawasan kamu ya tentang kuliner khas daerah indonesia. dan selamat mencoba jika kamu mampir ke daerah-daerahnya.