Tips Services Mobil Toyota Kijang Innova Dengan Baik

Membahas tentang perkembangan otomotif itu memang tidak akan pernah bosan dan tidak akan ada habis-habisnya.

kijang inova

kijang inova

Hal itu bisa kita lihat, dimana saat ini banyak sekali jenis-jenis mobil baru yang dipersenjatai dengan teknologi canggih.

Ya, salah satunya adalah Toyota Kijang Innova, yang memang pada saat ini menjadi favoritnya bagi keluarga Indonesia.

Berbicara soal services toyota, AUTO2000 sebagai bengkel resminya telah memberikan layanan booking servis yang bisa dilakukan melalui telepon, atau bisa juga melalui aplikasi yang bernama AUTO2000 Mobile.

Terlepas dari hal tersebut, inilah beberapa tips merawat mobil Toyota Kijang Innova dengan baik :

  1. Pergantian Oli Secara Rutin

Tips pertama yang harus dilakukan dalam merawat mobil Toyota Kijang, yakni pergantian oli secara rutin. Untuk pergantian oli secara berkala, biasanya akan dilakukan setelah jarak tempuh mobil telah mencapai 10.000 km dalam 6 bulan sekali. Pada pergantian oli transmisi, maka dibutuhkan setidaknya 2 Liter oli. Dalam pergantian oli garden, biasanya akan dilakukan setelah mobil menempuh jarak 40.000 km. Di samping itu, anda juga jangan sampai lupa untuk menggunakan oli yang berkualitas.

  1. Perawatan Mesin

Baik pada mesin diesel maupun mesin bensin tentu saja membutuhkan penyegaran, misalkan saja dalam pergantian ring piston. Apabila sektor boring terjadi baret, maka sangat penting bagi anda untuk melakukan overhaul. Lantas, berapakah biaya overhaul? Menurut informasi yang di dapat, biaya overhaul diperkirakan mencapai Rp 7 – 8 jutaan.

  1. Selalu Mengecek Kondisi Busi

Busi juga memiliki peranan yang paling penting dalam urusan performa mesin mobilnya. Oleh karena itu, disarankan bagi anda untuk selalu mengecek kondisi busi. Di samping itu, usahakan untuk melakukan pergantian busi secara berkala.

  1. Perhatikan Kondisi Timing Belt

Anda juga jangan sampai lupa untuk mengecek kondisi timing belt, terutama jika mobil sudah menempuh jarak 40.000 – 45.000 km. Apabila anda tida memperhatikan kondisi timing belt, biasanya akan terdengar bunyi-bunyi yang tidak lazim saat menyalakan mesin mobil. Ya, bunyi-bunyi yang mengganggu tersebut dikarenakan ada masalah pada rantai keteng yang berperan sebagai pemutar timing belt.

  1. Lakukan Perawatan Sistem Pendingin

Jika terjadi masalah yang tidak terlalu serius pada system pendingin, maka dianjurkan bagi anda untuk segera memperbaikinya. Apabila kerusakkannya memang cukup parah, sebaiknya segera bawa mobil anda ke bengkel-bengkel terdekat yang biasa menjadi langganan anda.

  1. Cermati Sistem Pengereman

Ini dia salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai fitur keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Tak hanya itu saja, system pengereman yang baik juga tentunya dapat meminimalisir kerusakan-kerusakan pada komponen lainnya. Sedari itu, anda diharuskan untuk mencermati system pengeremannya.

  1. Selalu Memeriksa Tekanan Ban Mobil

Tak sedikit dari para pemilik mobil yang kerap menyepelekan akan hal ini. Padahal, tekanan ban juga sangat berpengaruh untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Dalam hal ini, usahakan bahwa tekanan ban tersebut tidak terlalu keras.

  1. Lakukan Pergantian Kampas Kopling Secara Rutin

Tips berikutnya yang harus anda lakukan dalam merawat mobil Toyota Kijang, yakni melakukan pergantian kampas kopling secara rutin. Apabila terdapat masalah pada bagian kampas kopling, maka hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Itulah beberapa tips yang tepat dalam merawat semua tipe mobil Toyota Kijang, yang mungkin saja bisa anda coba sendiri dirumah.